Siapa pun bisa menjadi Googlepreneur, asalkan tahu caranya . . .

WEB REVIEW

REVIEW TERHADAP WEB DAN BLOG

Anda tahu ada berapa banyak situs web milik orang Indonesia? Tahukah Anda ada berapa situs web yang mati suri karena tidak mampu memberikan nafkah (baca : mendatangkan pelanggan/buyers kepada pemiliknya)? Ada berapa banyak perusahaan yang sudah memiliki situs web? Namun hanya berapa persen dari situs web korporat mereka yang mampu mendatangkan pelanggan atau pembeli?

Seberapa menjualkah blog/web Anda atau PT Anda?

Pertanyaan di atas juga berlaku untuk blog (weblog). Tahukah Anda ada berapa banyak blog sekarang di Indonesia? Dan dari antara jumlah blog tersebut, ada berapa jumlah blog yang akhirnya mampu memberikan nafkah dan penghidupan secara finansial kepada si pemiliknya atau setidaknya mampu mendongkrak status "selebrity" dari si pemiliknya.

Nah itulah salah satu bagian dari misi kami adalah untuk mengulas dan memberikan penghargaan kepada mereka, para pemilik situs web yang lewat web mereka penjualan bisnis/produk mereka meningkat dan terus mendatangkan pemasukan (revenue) kepada mereka. Kami memiliki kriteria dalam melakukan review berbagai situs web di Indonesia, ya situs web buatan orang Indonesia asli.

Kami me-review apakah web-web/blog tersebut berhasil memberikan masukan (revenue) secara finansial kepada pemilik webnya serta juga orang-orang yang bekerja untuknya.

Kajian kami untuk situs web tersebut harus berisi produk yang menjual entah itu kepada pasar lokal maupun pasar regional maupun mancanegara. Produk tersebut tidak harus bersifat produk nyata, bisa juga produk digital.

Web/Blog yang Search Engines-Friendly

Situs web/Blog (yg termasuk search engines-friendly) secara otomatis akan mampu memberikan banyak pendatang atau pelanggan kepada empunya, itulah sebabnya, blog/web yang search engines friendly paling tidak mencakup web/blog yang:
  • Menjual produk nyata atau maya
  • Lebih banyak mendatangkan pelanggan/visitors/buyers lewat situs pencari
  • Mampu membangun Brand serta mendongkrak dan mengukuhkan status selebrity bagi si pemilik blog/web
  • Bertengger di halaman pertama dari situs pencari bila dicari dengan menggunakan salah satu dari frase yang mewakili produk yang mereka promosikan ( harus memiliki lebih dari 50 frase keyword yang bila diketikkan di kotak pencarian, maka webnya 'nangkring' di halaman pertama)

Dalam melakukan review, kami menggunakan :

  • Perangkat online yang dapat mengecek jumlah pengunjung ke situs web mereka berdasarkan pasar niche mereka.
  • Pengecekan langsung bahwa produk yang dipajang secara online di situs web mereka memang benar-benar mudah ditemukan.
  • Wawancara langsung kepada manajer penjualan/pemasaran atau kepada pemilik situs web/blog mereka
  • Wawancara langsung kepada salah satu dari pembeli/pelanggan mereka yang mengakui bahwa mereka mendarat serta mengetahui keberadaan bisnis/produk mereka semata-mata lewat situs web.

Nah secara periodik kami terus mengulas situs web dengan persyaratan seperti di atas (lihat beberapa situs web yang telah kami ulas di kolom paling kanan dari blog ini). Dan bila Anda juga menyadari bahwa pelanggan Anda sebagian besar datang lewat situs pencari atau Anda menyadari bahwa situs pencari secara persentase tertentu telah menambah jumlah pelanggan yang membeli atau menggunakan atau bahkan menyewa kepada Anda, silahkan beritahu kami lewat (info@googlepreneur.web.id).

Kami tunggu email Anda juga.

KOMENTAR PEMBACA


Berikut adalah komentar beberapa pembaca buku "GooglePreneur - Kaya Lewat Google" :



Dalam buku ini, Bob Julius Onggo – Salah satu pelopor bisnis berbasis Internet di Indonesia -- berhasil membuktikan bahwa janji-janji Internet bukan omong kosong. Siapa pun bisa menjadi kaya lewat Internet, asal tahu caranya. Dan, Bob berhasil menunjukannya kepada kita. Buku yang luar biasa.....”
--- M Ihsan
Pemred Maj. Warta Ekonomi & Warta EGov




----------------------



“Internet adalah media dimana "size doesn't really matter". Pada media massa seperti Televisi, sangat sulit bagi bisnis kecil untuk bersaing dengan bisnis besar. Dengan alokasi biaya pemasaran yang hanya sepersekian biaya perusahaan besar, bisnis kecil dapat bersaing bahkan mengungguli bisnis besar di Internet .... asal tau caranya. Buku ini dapat membuka wawasan anda mengenai bagaimana caranya apalagi untuk menjadi pengusaha dengan pemanfaatan media online.”
--- JASMIN PARENRENGI
Founder / CEO Cakraweb.com



----------------------


“Kehadiran internet dalam kehidupan kita; mirip dengan sejumlah tekhnologi yang tidak mungkin lagi, terpisahkan dari kita seperti listrik, dan telpon selular, menciptakan tantangan bagi kita untuk menyiasati dan memberdayakan kehadirannya sebagai alat kreatif untuk memperbaiki kualitas hidup kita, bob julius onggo, lewat buku ini, menyiasati dan memberdayakan internet dalam perspektif baru; dan menjadikan-nya sebagai bagian strategi sukses kehidupan, menciptakan terobosan kreatif yang unik”.
--- KAFI “Si Jabrik” KURNIA
Pakar Pemasaran



----------------------



"Banyak buku tulisan sebagai 'food for thought', tapi buku ini adalah 'thought for food'. Penulis dengan piawai memberikan adrenalin baru bagi pembaca bahwa 'the limit of opportunity is a matter of imagination, innovation, information and intuition'. Dalam dunia yang flat, fast dan focus ini menjadi kaya adalah pertarungan ide dan teknologi untuk berkembang semakin besar. Bukan sekedar kerja pintar apakagi kerja keras tapi sudah masuk ke era kerja 'quantum'.”
--- PAULUS BAMBANG WS
Vice President DirectorPT UNITED TRACTORs Tbk



---------------------



"Apapun bisnis anda, kiranya perlu untuk membaca buku ini sebagai panduan untuk mendapatkan sarana publikasi yang efektif tentang perusahaan ataupun produk anda dengan target komunitas yang sangat luas serta dengan biaya yang relatif hemat.”
--- HENKY TJOKROADHIGUNO
Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Komputer Indonesia (APKOMINDO)



---------------------



“Buku ini menurut saya adalah suatu peta kesuksesan bagaimana memanfaatkan mesin pencari semaksimal mungkin, sehingga siapa saja bisa mengikuti petatersebut yang tujuannya tidak lain adalah kesuksesan seperti yang pak Bob capai sekarang ini.”
--- TOTOK SARJIANTO
Pengusaha Toko & Technical Service Chemist PT Nopco Paper Technology



---------------------



“Tanpa situs pencari, mungkin waktu saya bakal tersita karena harus mencari pelanggan, namun berkat penerapan ‘best practices’, dari Bob, saya bisa konsentrasi pada pekerjaan, dan pelanggan baru terus berdatangan.”
--- CATHERINE E NOVITA
Translation Director, terjemahan.org



---------------------



“Who wants to be an entrepreneur without big financial capital or with a little capital? Read this book.”
--- GERALD THEN TED HIN
CEO Superhostindo.com

PROGRAM KAMI

Kami, GOOGLEPRENEUR UNIVERSITY memiliki 3 Program Edukasi Kewirausahaan (Entrepreneurship) :


  1. SEMINAR 1/2 HARI yang kami lakukan secara roadshow ke seluruh Indonesia, juga secara regional (mancanegara). Seminar ini berjudul "GOOGLE IS MY SALESMAN".

    Seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada :

    Para pemilik bisnis UKM atau bisnis multinasional, para karyawan, para praktisi pemasaran dan penjualan level supervisor, manajer dan direktur dan para praktisi kehumasan atau publis relations,

    dan ditekankan di seminar ini bahwa :
    - memiliki bisnis relatif tidak sulit, bahkan untuk mulai dari nol
    - dan tidak menggunakan modal atau bermodal sangat minim.
    - Dan bujet iklan/promosi juga dapat ditekan bila tahu caranya,
    - serta untuk ekspansi pasar nasional maun mancanegara bukanlah hal yang sulit.

    Kami membuka kerjasama dengan Anda di berbagai lokasi di tanah air untuk membawakan program seminar 1/2 ini (bila berminat hubungi
    (info@googlepreneur.web.id) agar pencerahan dan bukti-bukti praktis berbisnis dan berpromosi dapat diberikan kepada para praktisi bisnis UKM maupun para kawula muda yang berminat ingin menjadi pengusaha atau memiliki bisnis.
  2. PROGRAM GOOGLEPRENEURSHIP
    Khusus bagi mereka yang belum punya bisnis namun ingin memiliki dan mengembangkan bisnis UKM mereka sendiri maupun untuk atau karyawan yang ingin kerja sampingan namun menjual dan mempromosikan produk mereka lewat Google/Yahoo

    Program ini berisi :

    Kiat-kiat menjadi seorang pengusaha atau memiliki produk bisnis sendiri dan mempromosikannya lewat bantuan situs pencari Google/Yahoo. Sekaligus juga membaca peluang pasar untuk mempromosikan produk orang lain, artinya seorang Googlepreneur pun tidak perlu harus memiliki produk sendiri yang dibuat di pabrik sendiri, tetapi cukup menjual produk perusahaan atau pabrik lain dan dipasarkan ke seluruh indonesia maupun ke luarnegeri.

    Program bimbingan ini dibawakan :
    - 2 hari FULL intensif (tatap muka)
    - tidak lebih dari 4 orang dalam satu grup tutoring.
  3. Workshop GOOGLE IS MY SALESMAN (Edisi Korporat)
    khususnya program ini diperuntukkan HANYA bagi seorang pengusaha/pebisnis, pemilik pabrik yang ingin menjual dan mempromosikan produk mereka lewat Google/Yahoo ke seluruh Indonesia dan menembus pasar luar negeri (mancanegara).

    Program edukasi bimbingan ini dibawakan :
    - 2 hari FULL (tatap muka)
    - tidak lebih dari 4 orang (rekomendasi)

Silahkan kontak salah satu dari kontak kami di kota atau propinsi di mana Anda berada.

KONTAK KAMI

Program Training Googlepreneurship (Kewirausahaan Lewat Google) dengan "almost zero capital" maupun Program Training Google is My Salesman dapat diadakan untuk perusahaan Anda di seluruh Indonesia, Anda bisa tanyakan kepada Cabang Googlepreneur di kota-kota di bawah ini, bila memang perusahaan Anda ada di kota tersebut, silahkan hubungi salah satu dari antara kami :

GOOGLEPRENEUR UNIVERSITY

Sekretariat Redaksi Pusat:
Googlepreneur Jakarta
- (info@googlepreneur.web.id) (HOTLINE : 08170121105)
T: 021-87920777-6
F: 021-87920788
----
Googlepreneur Surabaya

Wisnu Ponco
- wisnuponco@gmail.com
T: 031-77023019, 60502249
F: 031-5452388
Hp: 081803191407

----

Googlepreneur Makassar :
- Yun Arsines Mochtar (arsinesyun@yahoo.com)
Alamat Kantor : Jl. Gunung Nona No. 9 B / 13, Makassar 90114 Sulawesi Selatan
T: (0411) 6076-856, 521-7748 ; Hp: 08164387554 /08152534682

Bila Anda ingin menjadi mitra GOOGLEPRENEUR UNIVERSITY di kota-kota lain di Indonesia, bisa menghubungi email kami di info@googlepreneur.web.id atau kontak ke alamat sekretariat redaksi di Jakarta. Ok kami tunggu misi membuat banyak orang menjadi pengusaha . . .

SIAPA KAMI

  • Sudah bosankah jadi orang gajian dari tahun ke tahun dan tidak ada peningkatan? Bila ada peningkatan tetapi persentasenya kalah dengan tingkat inflasi?
  • Siapa yang ingin punya usaha (UKM) atau bisnis sendiri?
  • Mungkinkah punya bisnis sendiri tanpa memerlukan modal yang banyak (almost zero capital)?
  • Mungkinkah punya bisnis sendiri tetapi tidak punya produk sendiri?
    --------------------------------------------
  • Apakah biaya promosi dan iklan Anda tinggi, dan ingin menekan bujet iklan dan promosi Anda?
    --------------------------------------------
  • Inginkah Anda punya salesman yang kerja terus 24 jam sehari, dan 7 hari seminggu dan terus bekerja sepanjang tahun?
  • Sudah bosankah jadi salesman, dan ingin ada yang membantu Anda di bidang salesman
  • Adakah salesman yang dapat membantu menjual dan mempromosikan produk Anda tanpa Anda harus bayar?
    --------------------------------------------
  • Inginkah Anda menolong orang lain dengan membuatkan pekerjaan bagi mereka dan membuka lowongan pekerjaan?

Nah bila Anda menjawab "YA" untuk salah satu pertanyaan di atas, maka Anda sudah tepat untuk mendarat di web/blog kami. Karena poin-poin di atas adalah MISI kami.

GOOGLEPRENEUR UNIVERSITY adalah suatu program pembelajaran bagi mereka yang ingin menjadi entrepreneur (baca : pengusaha) tanpa modal (almost zero capital). Mungkinkah memiliki bisnis atau menjadi seorang pengusaha tanpa modal? Hal ini sangat mungkin, karena Bob Julius Onggo telah membuktikannya. Tanpa modal (atau modal yang relatif sangat sangat sedikit) beliau berhasil menjadikan bisnisnya berkembang dan memberikan nafkah bukan hanya bagi beliau tetapi bagi para karyawannya.

GOOGLEPRENEUR UNIVERSITY yang dicetuskan oleh Bob Julius Onggo, akan memberikan inspirasi dan motivasi bagi siapa saja yang ingin pindah kuadran dari kuadran seorang karyawan, ke kuadran profesional atau ke kuadran pengusaha yang bila ditekuni dan sistemnya dibangun dengan cermat dan bijak, dapat menjadi seorang investor yang memiliki passive income yang dibutuhkan untuk membiayai hidupnya dan keluarganya maupun mereka yang bekerja untuknya.

VISI :

"MENJADI SATU-SATUNYA SOURCE/NARASUMBER PRAKTIS untuk bisa menjadi pengusaha/pebisnis tanpa modal atau dengan modal sekecil-kecilnya namun memiliki return/profit yang besar."

GOOGLEPRENEUR UNIVERSITY memiliki :

  1. Satu (1) program seminar untuk membuka wacana serta wawasan (mindset) para karyawan, manajer, pemilik bisnis UKM. Program seminar ini berjudul "Google is My Salesman" yang diadakan di seluruh Indonesia. Program ini bisa jalan berkat dukungan para mitra bisnis di seluruh Indonesia yang diadakan roadshow ke beberapa kota besar di Indonesia (Bila Anda berminat untuk menjadi salah satu mitra bisnis di kota tertentu di Indonesia, bisa kami (info@googlepreneur.web.id), namun untuk kota-kota tertentu di mana telah berada mitra bisnis kami, Anda bisa menghubungi mereka untuk kerjasama.
  2. PROGRAM GOOGLEPRENEURSHIP (bagi individu yang belum punya bisnis atau karyawan yang ingin memiliki dan mengembangkan bisnis UKM mereka sendiri)

    Program bimbingan edukasi ini berisi :
    Kiat-kiat menjadi seorang pengusaha atau memiliki produk bisnis sendiri dan mempromosikannya lewat bantuan situs pencari Google/Yahoo. Sekaligus juga membaca peluang pasar untuk mempromosikan produk orang lain, artinya seorang Googlepreneur pun tidak perlu harus memiliki produk sendiri yang dibuat di pabrik sendiri, tetapi cukup menjual produk perusahaan atau pabrik lain dan dipasarkan ke seluruh indonesia maupun ke luarnegeri.
  3. Program Workshop Google is My Salesman (untuk korporat)
    khususnya program ini diperuntukkan HANYA bagi seorang pengusaha, pemilik pabrik yang INGIN menjual dan mempromosikan produk mereka lewat Google/Yahoo ke seluruh Indonesia dan menembus pasar mancanegara.

Lihat di sini untuk lebih jelas mengenai ke-3 program di atas.

Bila Anda ingin menjadi mitra pendidikan kami, dan ingin turut mendidik dan melahirkan banyak pengusaha/pebisnis ala Google/Yahoo (Googlepreneurship) bisa menghubungi kami (info@googlepreneur.web.id)

YAHOOPRENEUR

Mirip dengan GooglePreneur, YahooPreneur adalah "pengusaha yang bisnis atau barang dagangannya laku karena konsumennya mendapati barang yang dijual lewat Yahoo! sebagai mesin pencari atau sebagai direktori web, sebagai seorang YahooPreneur, barang atau jasa yang dibuat menjadi komoditi tidak harus berasal dari dia, bisa juga dia bekerjasama dengan yang punya barang, sedangkan dia sendiri sebagai broker." (Lihat definisi GooglePreneur dan Searchpreneur)

SEARCHPRENEUR

Searchpreneur sebenarnya adalah "pengusaha yang memiliki bisnis, entah barang atau jasanya dikerjakan sendiri atau dia sebagai broker, namun promosinya hampir 100% mengandalkan para pencari barang melakukan pencarian secara online maupun offline. Searchpreneur jarang melakukan "push marketing", karena sudah menjadi manja, barang atau produk dagangannya dicari oleh konsumennya." (lihat juga definisi GooglePreneur)

GOOGLEPRENEUR

GooglePreneur adalah "pebisnis atau pengusaha yang hampir 100% mengandalkan promosi bisnis barang dagangannya lewat situs pencari, entah Google, Yahoo atau MSN. Pengusaha jenis ini memiliki bisnis yang tumbuh dan berkembang lewat dominasinya yang muncul di halaman pertama atau 10 besar dari hasil pencarian di situs pencari, sehingga situs pencari bagaikan darah kehidupan bisnisnya di mana penghidupan dia dan keluarganya serta karyawan-karyawannya memiliki penghasilan yang menunjang hidup berkat hampir 100% pelanggan yang datang lewat situs pencari."